Virtual Reality, Teknologi Masa Depan Bisnis Properti

Jakarta – Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini membeli atau menyewa rumah menjadi semakin mudah berkat teknologi yang kian canggih. Salah satunya melalui teknologi Virtual Reality atau VR.

Jika dulu sebelum membeli rumah kita harus datang langsung ke lokasi untuk menyurvei melihat kondisi bangunan, maka kini ada teknologi yang memungkinkan kita untuk dapat membeli rumah tanpa harus berada di lokasi dibangunnya proyek perumahan dengan menggunakan teknologi VR.

Virtual Reality merupakan teknologi yang dapat membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam waktu dekat, teknologi ini diperkirakan akan banyak digunakan oleh pencari properti untuk menemukan properti impian mereka.

Menurut Managing Director portal properti global Lamudi Indonesia, Mart Polman, tak lama lagi perusahaan real estate akan banyak menggunakan teknologi inovatif ini.

Apa yang kita lihat sekarang dengan menggunakan alat VR ini, kata dia, investor akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mengetahui tentang properti yang ingin mereka beli dan kemudian berpikir untuk berinvestasi.

“Ke depannya nanti Anda akan melihat orang-orang akan bertransisi, dengan melihat properti secara online dari portal properti seperti Lamudi dan melakukan transaksi jual beli dari rumah,” ujar Polman via email, Rabu (20/7/2016).

Namun kendalanya adalah menggunakan teknologi canggih seperti VR ini membutuhkan biaya yang mahal. Dan bagi sebagian besar perusahaan properti langkah logis yang bisa dilakukan saat ini adalah mengambil foto dengan menggunakan kamera panorama 3D.

“Di masa depan, ketika proyek besar sudah diminati oleh investor maka Anda bisa memberikan jaminan untuk menggunakan VR sebagai bagian dari penjualan,” masih kata dia.

Dengan adanya VR, mencari dan membeli properti jadi sangat mudah. Bahkan dengan teknologi ini, kita pun bisa membeli properti di negara lain tanpa harus repot-repot pergi ke negara yang bersangkutan. Kita bisa melakukannya di dalam rumah sambil menyeruput kopi dan menonton televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *